One Day Trip ke Majalengka, 2021

Sejak PPKM dimulai dari bulan Juli lalu, kerjaan setiap hari mantengin destinasi-destinasi ngetrip sekitar Jakarta di Instagram. Ketika akhirnya PPKM turun menjadi level 3 dan beberapa kota serta lokasi wisata sudah mulai dibuka, langsung deh pesan kursi One Day Trip ke Majalengka melalui salah satu agen Open Trip: TravelBuddies.

Kota yang berada di Provinsi Jawa Barat ini hanya berjarak 4 jam dari Jakarta, dari pada bosan ke Bandung lagi Bandung lagi, kota Majalengka ini bisa menjadi pilihan wisata yang menyejukkan mata dan menyegarkan badan hanya dalam satu hari saja! Enggak perlu ribet ambil cuti, udah bisa healing ala-ala. Hahaha.

Sejak Sabtu sebelum waktu subuh, rombongan trip dari Jakarta berkumpul di Plaza Semanggi. Nasihat pribadi dari aku, kalau ikut Open Trip begini, please, datanglah ON TIME, biar yang lain gak kelamaan nunggu, serta bisa berangkat sesuai dengan jadwal.

Ok, berikut adalah 4 destinasi yang kami kunjungi minggu lalu!

Curug Ibun Pelangi

Destinasi pertama adalah Curug Ibun Pelangi yang unik, karena di antara aliran sungai terdapat batu tebing yang mengapit. Saat matahari pagi mulai beranjak ke atas, cahayanya akan masuk ke sela-sela tebing dan membentuk pelangi, oleh karena itu disebut Ibun Pelangi. Kata tour guide kami, paling bagus dikunjungi saat pagi hari sekitar pukul 9-10, saat itulah tinggi matahari yang pas hingga cahayanya masuk ke sela-sela tebing. Lewat dari itu atau ketika cuaca mendung, gak bakal kelihatan pelangi dan cahaya Ilahi yang Instagramable (you know what I mean, kan, haha).

Sayangnya, waktu kami datang, langit agak mendung, buuun. 🙁

Persawahan Panyaweuyan

Tidak jauh dari Curug Ibun Pelangi, kalian akan mendapati bukit-bukit persawahan sepanjang jalan. Di beberapa titik terdapat gardu pandang untuk menikmati pemandangan tersebut dari pinggir jalan. Menurutku, enak ke sini dengan motor menyusuri jalanannya yang tidak lebar. Agak amazed juga dengan mobil ELF rombongan Open Trip ini, kami melihat pemandangan persawahan sambil mulut komat-kamit baca do’a lantaran lebar jalan ngepas banget sama lebar mobil ELF kami yang terus menanjak dengan beban 16 orang penumpang.

Fiuh, untung saja sopir yang dipakai bukanlah seorang amatir. Kami selamat menuju gardu pandang, di mana di bawahnya banyak warung-warung kopi dan jagung bakar.

Curug Cipeteuy

Jika di Curug Ibun Pelangi, kami hanya berfoto ala selebgram saja, di Curug Cipeteuy, kamu bisa berenang-renang dengan riang! Curugnya tidak terlalu tinggi maupun deras, tapi oleh pihak pengelola sudah dibuatkan kolam-kolam di sekeliling curug agar lebih aman untuk dipakai berenang oleh pengunjung. Tersedia juga beberapa bilik toilet untuk mandi dan ganti baju setelah berenang. Namun, tidak ada air panas yaaa! Yang ada air curug yang brrrrrrr, dingin!

Usai berenang, kenyangkan perut di warung-warung makan sunda di luar kolam. Seharga 25K perporsi, sudah kenyang bebas nambah nasi dan sambal sepuasnya!

Hamparan Sawah Ciboer Pass

Destinasi terakhir kami ditutup melihat matahari terbenam dibalik hamparan sawah Ciboer Pass. Konon, lokasi ini dikenal juga terasering ala Ubud-nya Majalengka. Bisa juga ternyata untuk camping, karena tersedia lapangan kecil di samping sawah, ada pendopo juga ada toilet umum. Antara lapangan tersebut dan persawahan dipisahkan oleh sungai kecil dengan suara aliran airnya yang syahdu.

Sebaiknya memakai pakaian dan sepatu yang nyaman jika ingin berjalan-jalan ditepian sawah. Karena diriku adalah termasuk korban yang terpeleset dan jatuh! Huhuhu. Untung Hape yang saat itu dipegang tidak mengalami kerusakan saat masuk ke lumpur sawah. Tapi, kostum untuk foto cantik, terpaksa belepotan lumpur.

Wajib banget, deh, kalau mau main ke alam-alam begini untuk selalu bawa baju ganti.

Begitulah, trip kami hari Sabtu itu. Walaupun jadwal terkesan padat dengan 4 destinasi, kami cukup puas melihat persawahan yang hijau serta air terjun yang menenangkan. Walaupun, keesokan harinya kaki jadi pegal-pegal karena sering trekking. Maklum, ya, di Jakarta gak pernah olahraga! Hahaha.

You Might Also Like

Leave a Reply